div.TabView div.Tabs { height: 24px; overflow: hidden; } div.TabView div.Tabs a { float: left; display: block; width: 90px; /* Lebar Menu Utama Atas */ text-align: center; height: 24px; /* Tinggi Menu Utama Atas */ padding-top: 3px; vertical-align: middle; border: 1px solid #000; /* Warna border Menu Atas */ border-bottom-width: 0; text-decoration: none; font-family: "Times New Roman", Serif; /* Font Menu Utama Atas */ font-weight: 900; color: #000; /* Warna Font Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active { background-color: #FF9900; /* Warna background Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Pages { clear: both; border: 1px solid #6E6E6E; /* Warna border Kotak Utama */ overflow: hidden; background-color: #FF9900; /* Warna background Kotak Utama */ } div.TabView div.Pages div.Page { height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; }

Pendidikan

Selasa, 06 September 2011

Model Pembelajaran Course Review Horay


COURSE REVIEW HORAY

A. Model Pembelajaran Course Review Horay
Model Pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai.
Suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay.
Pembelajaran Course Review Horay, merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
Pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu pembelajaran pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui Pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukkan kelompok kecil.
Course Review Horay adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Metode ini merupakan cara belajar-mengajar yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan menyelesaikan soal-soal. Dalam aplikasinya metode pembelajaran Course Review Horay tidak hanya menginginkan siswa untuk belajar ketrampilan dan isi akademik. Pembelajaran dengan metode Course Review Horay juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik siswa. Pembelajaran melalui metode ini dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kooperatif yang melahirkan sikap ketergantungan yang positif di antara sesama siswa, penerimaan terhadap perbedaan individu dan mengembangkan ketrampilan bekerjasama antar kelompok. Kondisi seperti ini akan memberikan kontribusi yang cukup berarti untuk membantu siswa yang kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep belajar, pada akhirnya setiap siswa dalam kelas dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Pada pembelajaran Course Review Horay aktifitas belajar lebih banyak berpusat pada siswa. Dalam hal ini pada proses pembelajaran guru hanya bertindak sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Suasana belajar dan interaksi yang menyenangkan membuat siswa lebih menikmati pelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan untuk belajar.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
Informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.
4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai   dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x).
7. Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
8. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
9. Kesimpulan.
10. Penutup.
Kelebihan:
Pembelajarannya menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalamnya.
Melatih kerjasama.

Kekurangan:
Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.
Adanya peluang untuk curang.          
B. Contoh Materi yang sesuai :
Kelas 6 (Bumi Dan Alam Semesta) dan (Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungan Hidupnya)
Tata Surya
Tata surya adalah suatu tatanan atau sistem yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit yang mengitarinya. Benda-benda langit yang mengitari matahari antara lain : planet, asteroid, meteoroid, komet dan satelit.
A. Planet
Dalam tata surya ada 8 planet yaitu merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Planet-planet tersebut beredar mengelilingi matahari. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi selain berevolusi planet juga melakukan rotasi yaitu gerak planet berputar pada sumbunya.
1.      Merkurius
Planet merkurius letaknya paling dekat dengan matahari dan planet yang terkecil.
2.      Venus
Venus adalah planet yang dekat dengan bumi dan ukurannya hampir sama dengan bumi.
3.      Bumi
Bumi adalah planet tempat tinggal kita yang berbentuk bulat tepat dikedua kutubnya dan permukaan bumi terdiri atas laut dan daratan.
4.      Mars
Planet mars dikenal dengan planet merah karena permukaannya diliputi debu-debu merah.
5.      Yupiter
Yupiter merupakan planet terbesar di tata surya , yupiter dapat melakukan rotasi jauh lebih cepat daripada bumi.
6.      Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter, saturnus mempunyai cincin yang mengelilinginya, cincin tersebut berupa debu halus,kerikil kecil dan butiran es.
7.      Uranus
Uranus diselubungi oleh awan tebal, Uranus juga mempunyai satelit yang jumlahnya 15 buah. Akan tetapi yang paling besar ada 5 buah satelit yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. 
8.      Neptunus
Planet neptunus disebut planet kembar Uranus, permukaan planet berwarna biru dan sebagian besar diselubungi lapisan es cukup tebal.


C. Alasan
Materi tata surya ini sangat cocok atau sesuai dengan metode course review horay dan di samping itu juga model pembelajaran tersebut mengutamakan pembelajaran aktif, menarik dan menyenangkan karena menggunakan permainan-permainan. Pembelajaran yang dirancang Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
D. Contoh RPP untuk model pembelajaran ini

3 komentar:

  1. saya sudah mencoba,alhamdulillah sukses,,,silahkan,,,mencoba teman teman guru,,

    BalasHapus
  2. tolong donk info buku nya selengkapnya ,, terimakasih :D

    BalasHapus
  3. kenapa yang D cuma judulnya aja?
    rppnya mana?

    BalasHapus