div.TabView div.Tabs { height: 24px; overflow: hidden; } div.TabView div.Tabs a { float: left; display: block; width: 90px; /* Lebar Menu Utama Atas */ text-align: center; height: 24px; /* Tinggi Menu Utama Atas */ padding-top: 3px; vertical-align: middle; border: 1px solid #000; /* Warna border Menu Atas */ border-bottom-width: 0; text-decoration: none; font-family: "Times New Roman", Serif; /* Font Menu Utama Atas */ font-weight: 900; color: #000; /* Warna Font Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active { background-color: #FF9900; /* Warna background Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Pages { clear: both; border: 1px solid #6E6E6E; /* Warna border Kotak Utama */ overflow: hidden; background-color: #FF9900; /* Warna background Kotak Utama */ } div.TabView div.Pages div.Page { height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; }

Pendidikan

Selasa, 06 September 2011

Model Pembelajaran Take and Give


MODEL PEMBELAJARAN
TAKE AND GIVE
      A.    Pengertian Model Pembelajaran Take and Give
Model Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks, menuntut siswa mampu memahami materi pelajaran yang diberikan  guru dan teman sebayanya (siswa lain).
Kelebihan :
     ·         Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa yang lain.
     ·         Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan  penguasaan siswa akan informasi.
Kelemahan:
     ·         Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat. 

     B.     Media Model Pembelajaran Take and Give
     a)      Siapkan Kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa.
     b)      Setiap kartu berisi nama siswa, bahan belajar (sub materi) dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi.
     C.    Langkah-langkah Umum
     1.      Guru menyiapkan kelas sebagaimana mestinya.
     2.      Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang sudah direncanakan selama 45 menit.
     3.      Untuk memantapkan penguasaan siswa akan materi yang sudah dijelaskan, setiap siswa diberikan satu kartu untuk dipelajari (dihapal) selama 5 menit.
     4.      Kemudian guru meminta semua siswa berdiri dan mencari teman pasangan untuk saling menginformasikan materi yang telah diterimanya. Tiap siswa harus mencatat nama teman pasangannya pada kartu yang sudah diberikan.
     5.      Demikian seterusnya sampai semua siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
     6.      Guru mengevaluasi keberhasilan model pembelajaran take and give dengan memberikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
     7.      Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.
     8.      Guru menutup pelajaran.

     D.    Materi  Pembelajaran IPA yang Sesuai untuk Model Pembelajaran Take and Give
     1.      Materi Pelajaran IPA kelas 5
     ·         Bab  I  Alat Pernafasan
Sub Materi : Alat pernafasan pada manusia
     ·         Bab II  Pencernaan Makanan Pada Manusia
Sub Materi : Alat pencernaan pada manusia
     ·         Bab V Penyesuaian Diri Makhluk Hidup terhadap Lingkungannya.
Sub Materi : Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
     2.      Materi Pelajaran IPA kelas 6
     ·         Bab 1 Ciri Khusus Makhluk Hidup
Sub Materi :  ciri khusus hewan terhadap lingkungannya.
     ·         Bab 4 Keseimbangan Ekosistem
Sub Materi : kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
     ·         Bab 11 Energi dalam kehidupan Sehari-hari
Sub Materi : guna energi listrik dalam rumah tangga

     E.     Alasan Pemilihan Materi  yang Sesuai
Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran take and give adalah materi yang mengandung informasi yang singkat, jelas dan padat. Hal ini dikarenakan   model pembelajaran ini lebih menekankan pada unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah serta membutuhkan pemahaman yang cepat. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.
Sehingga kami sepakat materi yang cocok untuk model pembelajaran ini adalah materi pada bab 1, 2, dan 4 pada buku IPA kelas 5 serta pada bab 1, 4 dan 11 pada buku IPA kelas 6, karena materi tersebut memiliki sub materi yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk dijelaskan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar