div.TabView div.Tabs { height: 24px; overflow: hidden; } div.TabView div.Tabs a { float: left; display: block; width: 90px; /* Lebar Menu Utama Atas */ text-align: center; height: 24px; /* Tinggi Menu Utama Atas */ padding-top: 3px; vertical-align: middle; border: 1px solid #000; /* Warna border Menu Atas */ border-bottom-width: 0; text-decoration: none; font-family: "Times New Roman", Serif; /* Font Menu Utama Atas */ font-weight: 900; color: #000; /* Warna Font Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active { background-color: #FF9900; /* Warna background Menu Utama Atas */ } div.TabView div.Pages { clear: both; border: 1px solid #6E6E6E; /* Warna border Kotak Utama */ overflow: hidden; background-color: #FF9900; /* Warna background Kotak Utama */ } div.TabView div.Pages div.Page { height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; }

Pendidikan

Rabu, 14 September 2011

Model Pembelajaran Talking Stick


Model Pembelajaran Talking Stick

  Model Pembelajaran TS merupakan salah satu model pembelajaran cooperative learning. Digunakannya istilah Stick, karena dalam proses pembelajaran menggunakan tongkat sebagai alatnya, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Model pembelajaran ini bisa dipadukan dengan model pembelajaran CL yang lain, misalkan Two Stay Two Stray, Number Head Togheter, STAD dll. Alasannya adalah model pemb. ini lebih fokus pada melatih siswa dalam mengerjakan evaluasi. Untuk lebih meningkatkan aktifitas dan minat siswa, penggunaan tongkat bisa diganti dengan suatu benda yang disukai siswa, Misal : Bola, Balon, dll. Berdasarkan pengalaman saya, Diperlukan variasi berupa nyanyian/lagu yang diputar oleh guru lewat media audio. dan ketika lagu tersebut dihentikan oleh guru, dan pada saat yang sama, siswa yang sedang memegang tongkat ditunjuk untuk menjawab/menjelaskan pertanyaan dari guru.
Langkah-langkah:
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat/benda menarik lainnya.
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/ paketnya. Atau bisa juga diawali dengan model pemb. CL lain yang intinya siswa saling bertukar informasi.
3. Setelah selesai berbagi informasi(dipadukan dengan model pemb. CL lain) /setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, Setel musik, dan saat musik diberhentikan guru memberi pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
5. Guru memberikan kesimpulan.
6. Evaluasi.
7. Penutup.
Kelebihan:
1. Menguji kesiapan siswa.
2. Melatih membaca dan memahami dengan cepat.
3. Melatih kerjasama
4. Melatih kekompakan dan kejujuran
Kekurangan:
Membuat siswa senam jantung.
Ada kemungkinan siswa melemparkan tongkat/benda ke teman sebelahnya saat musik berhenti.

Selamat  mencoba, dan sukses selalu,,, education for All,,,
sept. 2011 igk.tantra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar